DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOORDINASI PENANGANAN STUNTING DIPOSYANDU DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MUHAMMAD RIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-12


Muhammad Riyadi, 2020421310016, 2023. “Koordinasi Penanganan Stunting Diposyandu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah” dibawah bimbingan Budi Suryadi selaku pembimbing I dan Bachruddin Ali Akhmad selakupembimbing II.

Penelitian ini membahas tentang Koordinasi Penanganan Stunting di Posyandu. Permasalahan yang ditemui saat ini yaitu bagaimana pelaksanaan koordinasi yang dilakukan oleh Pemerintahan tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa dalam melaksanakan penanganan stunting diposyandu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terlaksana koordinasi disemua tingkatan Pemerintahan dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Desa, baik koordinasi secara vertikal maupun koordinasi horizontal, akan tetapi masih ditemui permasalahan didalam pelaksanaannya. (1) Pelaksanaan koordinasi secara vertikal terdapat kendala antara Pemerintahan tingkat Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan, hal ini diketahui pada saat pelaksanaan pertemuan bulanan TPPS Kabupaten tidak mengundang Pemerintah Kecamatan. (2) Pelaksanaan  koordinasi secara horizontal terdapat kendala pada tingkatan Pemerintah Desa yaitu intensitas pelaksanaan yang masih kurang, hanya 1 (satu) kali dalam setahun.

 

Adapun hambatan-hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan koordinasi penanganan stunting diposyandu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yaitu (a) penjadwalan pertemuan koordinasi masih belum terencana dengan baik; (b) Semua pihak terkait belum memiliki kesamaan persepsi dalam penanganan stunting; (c) Penganggaran program/kegiatan di Kelurahan terkait penanganan stunting belum terkoordinasikan dengan baik;dan (d) Adanya pergantian kader posyandu.

 

 

Katakunci:Koordinasi,Stunting, Posyandu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI