DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DAYA TARIK IKLAN PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KESEHATAN PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TVRI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Muhammad Firdaus
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-12


ABSTRAK

Muhammad Firdaus, D1C114275, 2019, Analisis Daya Tarik Iklan Pada Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kesehatan Pada Lembaga Penyiaran Publik TVRI Kalimantan Selatan”, dibawah Bimbingan Muhammad Alif dan Atika.

Penanyangan Iklan Layanan Masyarakat dalam bidang kesehatan yang berkualitas dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang issu atau kondisi lingkungan social khususnya dalam bidang kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Analisis Daya Tarik Iklan pada Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kesehatan Pada Lembaga Penyiaran Publik TVRI Kalimantan Selatan.

Penelitian ini menggunakan dua konsep Daya Tarik Iklan yaitu Daya Tarik Informatif/Rasional dan Daya Tarik Emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan kualitatif dengan tipe penelitian analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasidan studi dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisa data model Interaktif.

Hasil penelitianmenunjukan bahwa Iklan Layanan Masyarakat “Campak dan Rubella” Dinas Kesehatan Versi Ibu TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan lebih didominsi oleh Daya Tarik Emosional dari Pada Daya Tarik Informatif/ Rasional, pada Daya Tarik Informatif/ Rasional bahwa daya tarik berisikan informasi tentang imunisasi, waktu serta lokasi dan pada Daya Tarik Emosional berisikan pesan kepada setiap individu dan menggambarkan bahaya penyakit campak. Sedangkan pada Versi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menunjukanbahwa Daya Tarik Informatif/ Rasional lebih didominsai dari Daya Tarik Emosional, pada Daya Tarik Informatif/ Rasional berisikan himpauan imunisasi dan menggambarkan tentang penyakit campak dan rubella, sedangkan Daya Tarik Emosional hanya bersifat mengajak penonton dan ikut berpartisipasi dalam program imunisasi.

 

Kata Kunci : Daya Tarik Iklan, Iklan Layanan Masyarakat, Komunikasi Kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI