DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH COPING MECHANISM TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA ANGKATAN 2021 FKIP ULM
PENGARANG:AUDY NAJWA SESARELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-12


Audy Najwa Sesarelia. 2024. Pengaruh Coping Mechanism Terhadap Psychological Well-being Pada Mahasiswa Angkatan 2021 FKIP ULM. Pembimbing: (I) Muhammad Arsyad, M.Psi., Psikolog; (II) Rizky Ildiyanita, M.Psi., Psikolog.

Kata kunci: Coping Mechanism, Psychological Well-Being, Mahasiswa

 

Situasi di perguruan tinggi memunculkan beberapa masalah pada mahasiswa dan cenderung membuat mereka kesulitan dalam menyesuaikan diri, sehingga menghambat pengembangan diri sebagai pribadi. Semakin banyak masalah, maka semakin menurun pula tingkat kesejahteraan psikologis mahasiswa. Hal tersebut mendorong mahasiswa untuk melakukan strategi dalam mengatasi permasalahan, yang disebut dengan coping mechanism. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh coping mechanism terhadap psychological well-being pada mahasiswa angkatan 2021 FKIP ULM.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Alat pengumpulan data adalah angket Coping Mechanism Scales dan Ryff’s Scales of Psychological Well-Being. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa angkatan 2021 FKIP ULM sebanyak 310 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa coping mechanism mahasiswa tergolong tinggi dan psychological well-being mahasiswa tergolong sedang. Dari perhitungan regresi linear sederhana didapatkan hasil R Square sebesar 43,8% yang tergolong sedang (sig = 0,001). Pengaruh coping mechanism terhadap psychological well-being sangat signifikan, sehingga tingkat psychological well-being mahasiswa dapat dilihat dari bagaimana strategi coping yang dilakukan, karena coping mechanism disebut sebagai prediktor yang cukup berpengaruh.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI