DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019 - 2022)
PENGARANG:SALMA HAPIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-14


Salma Hapijah (2023). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karakteristik Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Emisi Karbon (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2022). Pembimbing: Dr. Monica Rahardian Ary Helmina, SE, M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh kinerja lingkungan dan karakteristik tata kelola perusahaan terhadap pengungkapan emisi karbon. Tata kelola perusahaan dalam penelitian ini diproksikan menjadi kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, proporsi komisaris independen, ukuran dewan direksi, efektivitas komite audit, umur dewan direksi, dan tingkat pendidikan komisaris.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2022. Sampel penelitian dipilih menggunakan sampling jenuh dengan unbalanced sample diperoleh 65 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Model Data Panel dengan bantuan Eviews 12.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan dan proporsi komisaris independen berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Sedangkan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan direksi, efektivitas komite audit, umur dewan direksi, dan tingkat pendidikan komisaris juga memiliki pengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon namun hipotesis pada penelitian ini ditolak.

Kata Kunci: Kinerja Lingkungan, Corporate Governance, Pengungkapan Emisi Karbon. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI