DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASIKINERJA RUAS JALAN DAN INTEGRASI SIMPANG TIGA JALAN ZAFRI ZAM-ZAM DAN SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL JALAN PANDAN SARI (JL. MAYJEN SUTOYO S. KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:Muhammad Ifka Fitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-12


EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN INTEGRASI SIMPANG TIGA JALAN ZAFRI ZAM-ZAM DAN SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL JALAN PANDAN SARIN

(JL. MAYJEN SUTOYO S. KOTA BANJARMASIN)                          Oleh : Muhammad Ifka Fitri,Pembimbing : Dr.Ing. Puguh Budi Prakoso, S.T.,M.Sc.

 

ABSTRAK

 

Tingkat kepadatan dan keramaian lalu lintas di jalan ini cukup besar karena merupakan salah satu jalur utama pada jalan raya di Banjarmasin dan juga jalan dari dalam kota menuju pelabuhan Trisakti sehingga jalan ini banyak dilalui oleh kendaraan bermotor(sepeda motor, mobil, dan truck). Karena terus bertambahnya penduduk setiap tahunnya hal itu menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah kendaraan bermotor.Bertambahnya jumlah kendaraan dan volume jalan yang terbatas pada jalan tersebut menyebabkan kemacetan arus lalu lintas terutama pada jam pagi, siang dan sore yang menjadi puncak arus lalu lintas.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode survey lapangan. Dimana semua data langsung di dapat dari hasil survey di lapangan dalam survey ini data yang diambil adalah data volume lalu lintas dan hambatan samping serta data tentang geometrik jalan.

Kapasitas jalan maksimal pada jalan Mayjend Sutoyo S adalah 3067,2952 SMP/jam pada total kedua jalur. Volume arus lalu lintas maksimal total kedua jalur pada jalan Mayjend Sutoyo S adalah 1711,9SMP/jam pada hari rabu jam 17.00-18.00 Wita. Untuk volume arus lalu lintas minimal adalah 1228,8 SMP/jam pada hari rabu jam 06.00-07.00 Wita. Sedangkan untuk nilai derajat kejenuhan maksimal pada jalan Mayjend Sutoyo S adalah 0,558 pada hari rabu jam 17.00-18.00 Wita. Dan untuk nilai derajat kejenuhan minimal adalah 0,40 pada hari rabu jam 06.00-07.00 Wita.

Kata Kunci : Kapasitas Jalan, Arus Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI