DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Guna Meningkatkan Upaya Pemajuan Kebudayaan Di Kabupaten Tabalong
PENGARANG:ADINDA FITRIYANA HAQIQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-14


Adinda Fitriyana Haqiqi, 2010413320037, Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Guna Meningkatkan Upaya Pemajuan Kebudayaan Di Kabupaten Tabalong. Dibimbing oleh Husein Abdurrahman.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Permainan Tradisional terkhususnya Balogo di Kabupaten Tabalong.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan mengakses dokumen-dokumen dari instansi-instansi yang terkait dengan masalah informan di lakukan secara proposif (sengaja) dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan dapat memberi data atau informasi yang valid terkait dengan masalah yang di teliti.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Guna Meningkatkan Upaya Pemajuan Kebudayaan Di Kabupaten Tabalong adalah dalam hal perannya (a) Sebagai Regulator pemerintah dalam Pelestarian Permainan Tradisional berpedoman pada PPKD ( Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah) dengan mengacu pada dasar hukum UndangUndang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan dalam pelaksanaannyasudah berjalan dengan efektif akan tetapi belum adanya Perda tentang Permainan Tradisional membuat pemerintah daerah hanya bias berpeganggan pada peraturan nasional saja. (b) Sebagai Dinamisator, pemerintah selalu mengadakan lomba, event, maupun kegiatan lainnya tahunan untuk melestarikan permainan tradisional dengan bekerjasama melalui KORMI dan PORGOSI (c) Sebagai Fasilitator pemerintah berperan penting dalam terlaksananya kegiatan apa saja yang berkaitan dengan permainan tradisional terkhusus balogo ini .

Kata kunci: Peran Pemerintah, Pelestarian Permainan tradisional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI