DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Usability Pada Game Night's Reach Menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan User Experience Questionnaire (UEQ)
PENGARANG:MUHAMMAD AZMI HAIDAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-16


Game Night’s Reach yaitu sebuah permainan dengan genre Survival Horroryangmengutamakaneksplorasi.Permainaniniakanberlatartempat pada lingkungan lahan basah yang dibuat secara procedural, Agar dapat mengetahui sejauh mana fungsi yang bisa digunakan pada game tersebut, maka penelitian ini akan melakukan evaluasi terkait usability. Usability yaitu sebuah karakteristik yang digunakan untuk menilai seberapa mudahnya pengguna dapat menggunakan antarmuka aplikasi dengan tepat. Perancangan desain interface sebagai solusi dari hasil evaluasi usability menggunakan Heuristic Evaluation. Tahap selanjutnya adalah evaluasi akhir dengan User Experience Questionnaire (UEQ) Untuk mengetahui hasil dari kepuasan pengguna dalam memainkan game tersebut. Hasil Heuristic Evaluation didapatkan nilai rata-rata severity rating prinsip Visibility of system status sebesar 2,875, User control and freedom sebesar 3,8, consistency and standards sebesar 1,5, Error prevention sebesar 2,34, Recognition rather than recall sebesar 2,73, dan Flexibility and efficiency of use sebesar 2,5. Untuk Hasil Nilai skor metode user experience questionnaire (ueq) pada pengujian awal didapatkan nilai skor rata-rata skala daya tarik sebesar -1,013, Kejelasan sebesar -0,193, Efisiensi sebesar -0,127, Ketepatan sebesar -0,293, Stimulasi sebesar -0,273, Kebaruan sebesar -0,567, sedangkan setelah dilakukan perancangan ulang desain game tersebut didapatkan nilai skor rata-rata skala daya tarik sebesar 0,74, Kejelasan sebesar 1,86, Efisiensi sebesar 1,113, Ketepatan sebesar 1, Stimulasi sebesar 0, dan Kebaruan sebesar 0,74.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI