DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PATRON KLIEN PENGRAJIN KAIN SASIRANGAN KELURAHAN SUNGAI JINGAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NUR NAJMINA RIHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-18


Nur Najmina Rihani. 2023. Hubungan Patron Klien Pengrajin Kain Sasirangan di Kelurahan Sungai Jingah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas: Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Prof. Bambang Subiyakto, M. Hum. dan Pembimbing II: Jumriani, M. Pd.

Kain Sasirangan merupakan hasil keragaman budaya masyarakat Banjar. Pada Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin terdapat pengolahan Kain sasirangan yang menjadi industri kecil. Industri Kain Sasirangan tidak lepas dari hubungan patron klien. Adapun tujuan penelitian yaitu 1) Mengetahui gambaran umum pengrajin Kain Sasirangan di Kelurahan Sungai Jingah; 2) Menjelaskan hubungan patron klien pengrajin Kain Sasirangan di Kelurahan Sungai Jingah; 3) Menjelaskan hubungan patron klien pengrajin Kain Sasirangan di Kelurahan Sungai Jingah sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kampung Sasirangan Kelurahan Sungai Jingah terletak di sepanjang jalan RT. 06 sampai RT. 17, terdapat sebanyak 21 usaha/toko pengolahan Kain Sasirangan yang dapat dijumpai. 2) Hubungan patron klien yang terjadi dapat diklasifikan ke dalam jenis hubungan patron klien, yaitu hubungan antara pemilik usaha/toko (patron) dengan karyawan (klien). Hubungan patron klien itu sendiri memberikan keuntungan bagi pihak patron karena berkembangnya usaha dan juga memberikan keuntungan bagi pihak klien karena terjamin kebutuhannya. 3) Hubungan patron kliendari penelitian dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII pada Bab I Manusia, Tempat, dan Lingkungan, dan pada Bab II Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial dengan tujuan agar peserta didik dapat mengetahui informasi dan potensi yang ada di lingkungannya.

Kata Kunci: Kain Sasirangan, Patron Klien, Hubungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI