DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN GAME LUBER JURDIL GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN (STUDI QUASI EKSPERIMEN)
PENGARANG:NURMILASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-18


Nurmilasari, 2024. Pengembangan Game Luber Jurdil Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 3 Banjarmasin (Studi Quasi Eksperimen). Skripsi Program Studi Pendidikn Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini, (II) Muhammad Elmy

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Motivasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Game Luber Jurdil pada pembelajaran PPKn (2) Mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan Game Luber Jurdil dan yang diajar tanpa menggunakan Game Luber Jurdil dalam pembelajaran PPKn pada siswa SMA Negeri 3 Banjarmasin.

Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment atau ekperimen semu. Penelitian ini dilakukanpadadua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 32 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket pretest dan post-test yang mengukur motivasi belajar siswa terkait penggunaan Game Luber Jurdil sebagai media pembelajaran. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan Uji-T dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn menggunakan media Game Luber Jurdil dan tanpa menggunakan media Game Luber Jurdil pada siswa di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Motivasi belajar siswa yang menggunakan media Game Luber Jurdil pada pembelajaran PPKn mengalami peningkatan.

Dari hasil penelitian ini disarankan untuk kepada guru sebagai tenaga pengajar untuk bisa beradaptasi dengan berinovasi dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan perkembangan zaman di era digital sekarang sehingga membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan seperti game edukasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI