DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUATAN RASA SOLIDARITAS MASYARAKAT DALAM UPAYA MEMPERKUAT RASA NASIONALISME PADA KEGIATAN BERGOTONG ROYONG DI DESA CAHAYA BARU KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SEPTIA KUSUMA WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya solidaritas masyarakat dalam kegiatan gotong royong di desa lampu baru kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan solidaritas yang terjalin di desa Kahaya Baru kecamatan Jejangkit kabupaten Barito Kuala, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi solidaritas masyarakat dalam kegiatan gotong royong di desa Chahaya Baru kecamatan Jejangkit kabupaten Barito Kuala , dan menganalisis peran tokoh masyarakat dalam kegiatan getong royong di Desa Gahahi Baru Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya rasa solidaritas di masyarakat. dalam rangka upaya penguatan rasa nasionalisme dalam kegiatan koperasi Desa Cahaya Baru Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala : (1) Rasa solidaritas yang terjalin di Desa Cahaya Baru dapat dikatakan masih terbilang kurang, ( 2) faktor yang mempengaruhi rasa solidaritas adalah karena perekonomian, kesibukan sehari-hari, dan individualisme (3) upaya peran tokoh masyarakat untuk meningkatkan rasa solidaritas masyarakat dalam kegiatan gotong royong dengan cara melakukan sosialisasi, mengadakan Kegiatan kerjasama, ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan yaitu kerja pengabdian,. Tokoh masyarakat dan masyarakat dihimbau untuk selalu berusaha semaksimal mungkin menjaga solidaritas antar warga dan menjaga nilai-nilai gotong royong yang dilandasi rasa kekeluargaan dan persatuan.

ABSTRAK

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa solidaritas masyarakat dalam kegiatan gotong royong di Desa Kahaya Baru Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan solidaritas yang terjalin di desa Kahaya Baru kecamatan Jejangkit kabupaten Barito Kuala, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi solidaritas masyarakat dalam kegiatan gotong royong di desa Kahaya Baru kecamatan Jejangkit kabupaten Barito Kuala , dan menganalisis peran tokoh masyarakat dalam kegiatan gotong royong di desa Kahaya Baru kecamatan Jejangkit kabupaten Barito Kuala.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan rendahnya rasa solidaritas di masyarakat. guna mempertebal rasa nasionalisme dalam kegiatan gotong royong di Desa Cahaya Baru Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala : (1) Rasa solidaritas yang terjalin di Desa Cahaya Baru dapat dikatakan masih terbilang kurang, (2 ) faktor yang mempengaruhi rasa solidaritas disebabkan oleh perekonomian, kesibukan sehari-hari, dan individualisme (3) upaya peran tokoh masyarakat untuk meningkatkan rasa solidaritas masyarakat dalam kegiatan gotong royong dengan melakukan sosialisasi, mengadakan kegiatan Gotong Royong , ikut serta dalam kegiatan masyarakat yaitu pengabdian masyarakat,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI