DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT PADA SAAT BERLANGSUNGNYA HAULAN GURU SEKUMPUL DI MARTAPURA
PENGARANG:UUN RISMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Partisipasi masyarakat dalam haulan guru sekumpul sangat dipentingkan terutama warga masyarakat yang tinggal di sekumpul dan sekitarnya. Jumlah jamaah yang banyak pada saat haulan guru sekumpul dipentingkan patisipasi dari semua pihak masyarakat setempat untuk membantu jamaah yang ikut dalam haulan guru sekumpul, baik dari segi tempat, transportasi, saranan dan prasarana. Jadi, dengan adanya partisipasi dari semua pihak maka kegiatan haulan guru sekumpul dapat berjalan dengan lancar.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) partisipasi di bidang sumbangan materi dalam haulan guru sekumpul (2) partisipasi di bidang sumbangan tenaga dalam haulan guru sekumpul (3) partisipasi di bidang pelayanan dalam haulan guru sekumpul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian (1) partisipasi di bidang sumbangan materi dalam haulan guru sekumpul sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat yang ikut serta dalam menyumbangkan dana, barang dan bahan yang dibutuhkan pada saat haulan guru sekumpul. (2) partisipasi di bidang sumbangan tenaga dalam haulan guru sekumpul sangat baik. Hal ini dapat dilihat masyarakat sekumpul turut ikut serta dalam bergotong royong, membantu dalam berlangsungnya haulan tanpa diminta dan masyarakat sekumpul ikut menjadi relawan. (3) partisipasi di bidang pelayanan dalam haulan guru sekumpul sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan masyarakat sekumpul dalam hal menyediakan penginapan secara gratis, dari panitia haulan ada menyediakan tempat parkir, masyarakat sekumpul ikut membatu dalam konsumsi untuk para jamaah yang datang dan masyarakat sekumpul juga ikut membantu dalam membersihkan sampah.

Disarankan untuk masyarakat sekumpul agar meningkatkan dan menjaga rasa kepedulian sosial terhadap kegiatan sosial lainya bukan hanya pada kegiatan haulan sekumpul saja. Panitia sekumpul diharapkan mengajak atau memberi himbauan kepada masyarakat sekumpul untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan haulan. Masyarakat di luar sekumpul berpartisipasi dalam bidang pelayanan misalnya menyediakan konsumsi untuk para jamaah haulan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI