DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Lembaga Sosial di Kelurahan Banua Anyar
PENGARANG:MUHAMMAD KHOSYI AHNAF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Muhammad Khosyi Ahnaf. 2021.Lembaga Sosial di Kelurahan Banua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

            Lembaga sosial merupakan manifestasi dari tata kelakuan masyarakat yang terinstitusionalisasi dalam mencapai tujuan atau kepentingan tertentu. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui gambaran umum Kelurahan Banua Anyar. 2) Mengetahui bentuklembaga sosial di Kelurahan Banua Anyar.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian untuk menggambarkan aktivitas lembaga sosial secara holistik. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas kelompok sadar wisata, wawancara dengan lurah Banua Anyar, ketua lembaga sosial, anggota lembaga sosial, masyarakat, serta dokumentasi berupa rekaman maupun gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata yang dilengkapi tabel dan gambar, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan.

            Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat beberapa bentuk kelembagaan sosial yang dibentuk oleh masyarakat dan memiliki kepedulian dalam mengembangkan dan meingkatkan kesejahteraan di Kelurahan Banua Anyar. Terdapat enam lembaga sosial di Kelurahan Banua Anyar yang memiliki peran penting dalam pengingkatan kualitas masyarakat di Kelurahan Banua Anyar, diantaranya adalah Lembaga Pendidikan, Lembaga Ekonomi, Lembaga Agama, Lembaga Politik, dan Lembaga Keluarga.

 

Kata Kunci: Lembaga Sosial, Kelurahan Banua Anyar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI