DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DAN ALTERNATIF PENGGUNAANNYA MELALUI KOMBINASI MODEL KOOPERATIF IIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS 4 SDN REMO KECAMATAN PARAMASAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RUSTAM EFENDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-13


ABSTRAK
Rustam Efendi 2018`Meningatkan Hasil Belttar PA Materi Energi Panas dan Bunyi dan Altematr Penggunaamya Melalui Kombinasi Model KoopeFatif Tipe? ?″ ?″η ?c??″?ι″ D???? (STAD)dan Pric′π″ αJ? Pric″″ Pada Siswa Kelas 4 SDN Remo Kecamatan Paramasan ttbupaten Bttar.Pembimbing? Dr.H.A.Muhyani Rizal? , M.Si.Pembimbing II:Drs.AbdulHamit M.Si.
Kata Kunch Kooljettif Tipe? ?″? tt ?ttn??Dj?jstt sTAD)? Pj? “ ? ? Ptte;IIasil B??r;Energi Pams dan Bunyi? AlternatifPenggunaamya.
Masal? ? 1? pe?elttian hi adalah rend? ya h?l bcl? ″sisWa kelas 4 SDE Remo pada pe?″an PA mtteri energi panas dan bunyi dan altematif penggunaamya.Hal ini discbabkan karena akt? itas,motivasi dan semangat bClaiaF SiStt rcndah,? dak adany?a ke? … dimtara semma ttswa dalan be? ? dan tt JJga tidak lnenyemkan media ,1,1l a? tt bantll da? ttn proses pembel?aran.S01usi dalaln mengatasi perlnasdahan diatas adalah dengan ?erI∝??? IInodel pem?? "? k00pemtiftipe STAD ko???? de?? ??″ α??F??″?Penelitian ini bq? ?man und lllenk??attan hasi bettar9? t?itas siswa dan aktivitas guru dalaln pembettaran IPA materi energi panas dan bmyi dan altenatif pen38u… ya pada s? wa kelas 4 SDN Remo den3an mengukan model pembe? ?? k00peratif tipe STAD kombimsi dengan
Pricr?
“ θ ? P?′ π ″ . Pendcktt dalm penditian ini adalah Pc? ndekam kllalitatif dtt jttis penelitin ini? ??? Penelitian Tindakan Kelas tt yang dilaksanakan dalam dua siklus,Inasing? Inasing siklus dua kali pertellnuan.Setting penelitian ini adalah kelas 4 SDN Reno.Jumlah siswa 10 oran3 den3an perillcian lim sism l? i?h? dan lima siswa perempuan.Penelitian ini dikatakan berhasil dentt indikator apabilateJadi penin? atm akivitas?? dengan kriteria sangat b? t peningkatan aktilvi? ?swa dengtt lciteFia Sang? ??f dan"?? pcnin3katan hasil bettaF secara ind?idual dett nil,l minimn1 70 dan secara klasikal dengan skor minllna1 81. Has? penelitian frlenuniukkan:1)Akt?itas guru pada siklus l pertmuan l dengan skor 72,22 dan pertemllan 2 mettadi 80,56 dellgan kriteria baik Pada siklus ? pertemuan l dengan skor 88,89 dan pertemlnn 2 mettadi 97,22 dengan kriteria sangat baik.2)Aktilv? ? siswa pada siklus l pertmuan l dengan rata? rata kclas 7026 dan pertelllllan 2 mettadi 79,92 dengan krite? a?1? Pada siklus II pertemuan l dengan rata? rata kelas 85,42 dan pertemuan 2 menJadi 92,92 dengan kriteria sallgat akt1 3)Hasil ketuntasan bettar siswa pada siklus l pertemuan l scbesar 10%dan pada pertemuan 2 menJadi 60%? Pada siklus ? pertcmllan l sebesar 900/O dan pada pertellnuan 2 sebesar 100%? 1)apat disimpulkan bahwa penerapan model pembettaran k00peratiftipe STAD Kombinasi dcngan′? `″ c ??P?′ ?″ temya? d??meningkatkan aktivitas guru9 aktivitas siswa dan hasil bel?ar siswakelas 4 SDN Remo Kecamatan Paramasan IQbttaten Bttar? Berdasarkan kesimpulan hasil penel? ian dapat disarankan kepada gurtl agar meneraplal kombinasi model STAD dan Pict? ″″Pitte sebagai salah satu altematif model pembettaran yang digunakan dalam pettaran IPA khususnya untuk menin3?katkan hasil bettar siSWa pada mtteri energi pa.nas dan bunyi dan altematifpeng? ?naamya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI