DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSET, CURRENT RATIO, DAN DEBT TO ASSET RATIO TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2022-2023
PENGARANG:TRIA FEMI KOESASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-20


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Return on Asset, Current Ratio, dan Debt to Asset Ratio Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2022-2023. Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return on Asset, Current Ratio, dan Debt to Asset Ratio. Sedangkan, variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Financial Distress dengan menggunakan alat prediksi kebangkrutan Altman Z”-Score.

            Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2022-2023 sebanyak 16 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel penelitian berjumlah 112 sampel dari laporan keuangan triwulan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan triwulan. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 26.0.

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Return on Asset, Current Ratio, dan Debt to Asset Ratio berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress.

Kata Kunci: Return on Asset, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Financial Distress, Altman Z"-Score 

 
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI