DIGITAL LIBRARY



JUDUL: EVALUASI PROGRAM P5 MENGGUNAKAN GOAL ORIENTED EVALUATION MODEL (GOEM) DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AINUN NIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-20


Pada implementasi kebijakan pemulihan pembelajaran nomor 56/M/2022 tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Banjarmasin telah melaksanakan P5 tema gaya hidup berkelanjutan dan belum pernah dilakukan evaluasi menggunakan Goal Oriented Evaluation ModelGOEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program P5 menggunakan GOEM di SMPN 1 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan data utama yang didapatkan dari observasi, wawancara dan studi dokumen. Dengan model yang dikembangkan oleh Tyler ada tiga indikator yang digunakan dalam GOEM untuk mengukur tingkat ketercapaian program tujuan, sasaran dan hasil.  Hasil penelitian menunjukan program P5 tema gaya hidup berkelanjutan di SMP Negeri 1 Banjarmasin dilaksanakan terealisasi sesuai dengan tujuan. Kesimpulan secara garis besar pelaksanaan P5 tema gaya hidup berkelanjutan di SMP Negeri 1 Banjarmasin dapat dikatakan terlaksana dengan baik  dan berhasil secara keseluruhan serta dapat dilanjutkan. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat terus mengembangkan penelitian dengan Goal Oriented Evaluation Model (GOEM) khususnya pada evaluasi program P5 bisa juga menggunakan model lain sehingga ada perbandingan. Saran untuk satuan pendidikan, pelaksanaan P5 sudah dilakukan dengan baik dan program dapat dilanjutkan, namun manajemen komunikasi antar pemangku kepentingan bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga lebih mudah dalam mencapai tujuan organisasi, membangun hubungan yang kuat dengan audiens, dan meningkatkan kinerja keseluruhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI