DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN APLIKASI MILLEALAB SEBAGAI MEDIA VIRTUAL REALITY UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MANDIRI
PENGARANG:MUHAMMAD INDRA ALKAHFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-20


 

Pembelajaran mandiri adalah suatu proses untuk mengatur, menemukan, bahkan mengevaluasi informasi atau pesan pembelajaran tanpa bantuan dari orang lain. MilleaLab adalah aplikasi berbasis VR yang dapat memberikan pengalaman belajar yang immersive untuk mendukung peserta didik ketika melakukan belajar mandirinya. Urgensi pada penelitian ini adalah rendahnya kegiatan pembelajaran mandiri peserta didik karena kurangnya penggunaan variasi media yang mampu memfasilitasi semua gaya belajarnya dan dapat memberikan pengalaman mendalam serta interaktif kepada mereka, sehingga perlunya penggunaan media yang dapat dikolaborasikan dengan teknologi terbaru untuk mempermudah para guru dalam menyajikan materi yang sulit dipahami para peserta didik. Tujuan penulisan artikel ini adalah melakukan studi literatur yang berkaitan dengan pemanfaatan aplikasi MilleaLab untuk mendukung pembelajaran mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi literatur. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dari 25 artikel penelitian yang relevan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Temuan yang dapat diambil: (1) MilleaLab dapat digunakan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan inisiatif belajarnya sendiri. (2) MilleaLab dapat meningkatkan pemahaman konsep yang abstrak, motivasi belajar, dan hasil belajar peserta didik, (3) MilleaLab digunakan sebagai media pembelajaran alternatif berbasis VR yang immersive dan menarik. Hasil penelitian ini tidak hanya mendeskripsikan aplikasi MilleaLab saja, tetapi juga pemanfaatan teknologi VR melalui aplikasi MilleaLab untuk mendukung pembelajaran mandiri peserta didik yang immersive dan menarik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI