DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN MODERN | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD RIZALI RACHIM | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-06-20 |
Pemanfaatan Augmented Reality (AR) telah muncul menjadi teknologi inovatif yang prospektif untukmeningkatkan pengalaman belajar dengan menyajikan informasi tambahan dalam lingkungan fisik.Pemanfaatan ARdalam konteks pembelajaran bukan sekadar tren, melainkansebuah respons terhadap tuntutan zaman di mana siswa semakin terbiasa dengan lingkungan digital. AR memberikan kemampuan untuk membawa konsep-konsep abstrak menjadilebih konkret dan mudah dipahami, membuka pintu menuju pemahaman yang beranjak mendalam.Maka, penelitian ini bertujuan menyelidiki peran AR sebagai media pembelajaran dalam meningkatkankualitas pendidikan, khususnya fokus pada bagaimana ARdapat mendorongkeaktifanbelajarsiswa.MeskipunpotensipositifARsebagai media pembelajaran sangat menjanjikan, tantangan-tantangan tertentujuga perlu diatasi. Faktor teknis, infrastruktur pendidikan, dan pengembangan konten yang relevanmerupakan beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mengintegrasikan ARkedalampendidikan.PenelitianinimenggunakantinjauanpustakasistematisatauSystematicLiteratureReview (SLR). Metode SLRbertujuan mengidentifikasi, meninjau,mengevaluasi dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia tentang topik yang ingin dibahas danrelevan. Artikel yang dipakai berjumlah 9 yang berkaitan tentang AR dalam pendidikan. Hasil temuandari penelitian ini, menyimpulkan bahwa implementasi AR dalam pendidikan memegang kecakapanuntuk membawa perubahan signifikan dalam cara belajar, untuk menciptakan pengalaman belajar yanglebih interaktif, lebih menarik, mempengaruhi keaktifan belajar siswa dan memenuhi kebutuhan siswadieradigitalini.
KataKunci:AugmentedReality(AR),Keaktifanbelajar
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI