DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGHIDUPAN PENGRAJIN SASIRANGAN PASCA COVID-19 DI KAMPUNG SASIRANGAN MANARAP KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NONI SASI KIRANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-20


Pandemi Covid-19 menyebabkan ekonomi sebagai pengrajin kain sasirangan menjadi lebih menurun. Dampak yang dirasakan antara lain, banyaknya pengrajin yang berhenti sementara dalam memproduksi kain sasirangan. Penelitian ini berjudul “Strategi Penghidupan Pengrajin Sasirangan Pasca Covid-19 Di Kampung Sasirangan Manarap Kabupaten Banjar KalimantannSelatan”. Penelitiannini bertujuan untuk mengetahui strategi penghidupan para pengrajin kain sasirangan pasca covid-19.

 

Populasi dari penelitian ini berjumlah 26 pengrajin. Sampel yang dijadikan responden adalah seluruh pengrajin yang berjumlah 26 pengrajin kain sasirangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk pengumpulan data primer, penelitian ini memanfaatkan teknik kuesioner. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi dokumen dan studi kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengrajin kain sasirangan lebih menggunakan strategi konsolidasi. 

 

Kata Kunci : Strategi penghidupan, Pasca COVID-19, Pengrajin kain sasirangan 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI