DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota (AMKO)
PENGARANG:RAHMAD AL HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-21


Rahmad Al Hidayat. 2024. Aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota . Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I:Dr. Mutiani, M.Pd. dan Pembimbing II:  M. Ridha Ilhami, M.Pd.

 

Aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai sosial, hal ini dapat dilihat dari motivasi para anggotanya yang berdasarkan rasa peduli sosial yang tinggi dan rasa kemanusiaan sehingga terdapat beberapa aktivitas yang mereka laksanakan untuk membantu masyarakat. Barisan Pemadam Kebakaran di daerah Barito Kuala juga jarang sekali digunakan sebagai subjek penelitian di dalam program studi Pendidikan IPS. Maka dari itu kemudian penelitian ini menjadi penting agar dapat menjadi penelitian yang meneliti tentang aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran dan memberikan pengetahuan tentang aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan profil Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota . 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi ke posko Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota , wawancara dengan narasumber yaitu Ketua BPK AMKO, wakil ketua BPK AMKO, anggota-anggota BPK AMKO, dan anggota BPK lainnya sebagai informan tambahan, dan juga menggunakan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri yang membuat pedoman pengamatan, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu dan member check.

Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota  adalah Barisan Pemadam Kebakaran swadaya, yang dibentuk pada 10 Agustus 2010, Beralamat di Jl. Trans Kalimantan KM.19 RT 04, Anjir Muara Kota, Barito Kuala. Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota   yang saat ini diketuai oleh Khairullah, dan Ambrullah sebagai wakil ketua. Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota  ini beranggotakan sebanyak 29 anggota yang terdiri dari pria dan wanita yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda. 2) Barisan Pemadam Kebakaran Anjir Muara Kota  memiliki beberapa aktivitas yang mereka laksanakan yaitu adalah pemadaman kebakaran, penggalangan dana, pertolongan kepada masyarakat, dan latihan Barisan Pemadam Kebakaran.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Barisan Pemadam Anjir Muara Kota  melaksanakan aktivitas pemadaman kebakaran, penggalangan dana, pertolongan kepada masyarakat, dan latihan barisan pemadam kebakaran.

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas, Barisan Pemadam Kebakaran, Anjir Muara Kota.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI