DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS/IIS DI SMA NEGERI SEKOTA BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2016/2017)
PENGARANG:YENNY MONICA
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-07


Pemberian tugas merupakan suatu cara guru untuk merangsang individu,
mengembangkan sikap aktif dalam proses pembelajaran yang nantinya akan
mendapatkan hasil belajar yang telah dicapainya. Pemberian tugas diharapkan
dapat memotivasi diri untuk belajar dan dapat meningkatkan prestasi . Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif karena bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara dua variabel
atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS/IIS
SMA Negeri Kota Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini berjumlah 305 orang
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket
dan tes. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dan motivasi belajar
pada mata pelajaran ekonomi (R) sebesar = 0,073 sedangkan koefisien
determinasi (R2) sebesar =0,005 atau 0,05% dan prestasi belajar siswa sebesar
53.8%. secara parsial koefisien korelasi (r) pemberian tugas terhadap prestasi
belajar siswa rxy sebesar -0,020 dan ry.x1.x2 sebesar 0,005 atau 0,05%. Sedangkan,
Koefisien uji simultan F sebesar 0,678 atau 67,8%. Sehingga dapat disimpulkan
terdapat pengaruh antara pemberian tugas terhadap prestasi belajar maupun
pemberian tugas dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
ekonomi kelas XI IPS/IIS SMA Negeri se-Kota Banjarmasi.


Kata kunci : Pemberian Tugas, Motivasi Belajar, Pretasi belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI