DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA KOLASE KANCING BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS VIII DI SLB NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:Muhammad Subhan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-14


ABSTRAK

 

Subhan, Muhammad. 2018.”Efektivitas Media Kolase Kancing Berwarna Untuk  Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Cerebral Palsy  Di Slb Negeri 1 Martapura”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing (1) Utomo, M.Pd. Pembimbing (2) Jiyanta, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kolase Kancing Berwarna, Menulis, Cerebral Palsy

 

            Keterampilan menulis anak Cerebral Palsy di SLB Negeri 1 Martapura masih kurang. Permasalahan ini disebabkan oleh lemahnya motorik halus pada anak, sehingga berdampak pada keterampilan menulis anak. Kolase kancing berwarnamerupakan kegiatan yang bertujuan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy di SLB Negeri 1 Martapura.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subyek tunggal (Single Subjec Research) yang menggunakan metode A-B-A. Subyek didalam penelitian ini adalah anak Cerebral Palsy di SLB Negeri 1 Martapura. Sistem pencatatan data menggunakan teknik pencatatan data dengan produk permanen. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis visual yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung terhadap data yang telah ditampilkan dalam grafik. Teknik analisis data ini ada dua, yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

 

            Hasil penelitian ini adalah meningkatnya motorik halus anak Cerebral Palsy dalam menulis di SLB Negeri 1 Martapura setelah diberikan intervensi melalui keterampilan kolase kancing berwarna. Sebelum anak diberikan intervensi hasil rata-rata anak hanya 41% dan saat diberikan intervensi menjadi 51%, kemudian anak di tes kembali tanpa dilakukan intervensi dan hasil anak menunjukkan membaik dari sebelum diberikan intervensi yaitu 59%. Dari rata-rata hasil anak maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan menulis pada anak meningkat setelah diberikan intervensi menggunakan kolase kancing berwarna..

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI