DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PERKUATAN TEBING SUNGAI DITINJAU DARI ASPEK HIDROLOGI DAN HIDRAULIKA DESA MAUYA KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:NUR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-21


ABSTRAK

 

            Sungai adalah sumber air mengalir yang berasal dari hulu ke hilir. Sungai memiliki kecepatan aliran yang relatif cepat pada tikungan dan penyempitan yang disebabkan dari morfologi sungai tersebut. Aliran air yang kuat dan mengalir dalam kurun waktu yang panjang dapat menyebabkan erosi pada tebing. Pada tebing desa Mauya untuk mencegah kerusakan tebing yang berkelanjutan maka dibuat perkuatan tebing sungai berupa bronjong.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkuatan tebing yang telah dibangun di desa Mauya dengan meninjau aspek hidrologi dan hidraulika.

            Pengumpulan data curah hujan untuk analisis hidrologi adalah dengan menggunakan data curah hujan harian berbasis satelit GsMAP (Global satellite Mapping of Precipitation). Pada penelitian ini dilakukan pengukuran secara langsung kecepatan aliran secara horisontal dan vertikal pada bagian sungai Desa Mauya menggunakan alat pelampung dan current meter. Pada analisis hidrologi untuk memperoleh debit banjir rancangan kala ulang 5, 10, 20 dan 25 tahun menggunakan metode HSS Nakayasu. Sedangkan pada analisis hidrolika, untuk mendapatkan kecepatan vertikal digunakan metode satu titik pada semua cross section, kecuali pada Pias 3 bagian tengah (C). Perhitungan debit sungai secara hidraulika menggunakan metode Mid Section Area.

            Dari hasil perhitungan analisis hidrologi menggunakan metode Nakayasu dengan t = 6 jam didapatkan hasil debit banjir rencana maksimum periode ulang 5 tahun sebesar 3.16 m3/dtk, 10 tahun sebesar3.93 m3/dtk, 20 tahun sebesar4.96 m3/dtk, dan 25 tahun sebesar5.20 m3/dtk. Analisis hidraulika didapatkan debit normal sebesar 1.66 m3/dtk dan debit maksimum desain sebesar 88.11 m3/dtk. Dari hasil perbandingan debit maksimum desain yang didapatkan menggunakan tinggi maksimum perkuatan tebing yang sudah dibangun lebih besar dari debit banjir maksimum sehingga dapat dinyatakan bahwa perkuatan tebing sungai di desa Mauya aman dari analisis hidrologi dan hidraulikanya.

 

Kata kunci: Perkuatan tebing, Hidrologi, Hidraulika, dan Hidrometri.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI