DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN KOMIK KIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI
PENGARANG:MEI NUR SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan e-modul berbantuan komik kimia dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development dengan model ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 5 orang validator dan 30 peserta didik kelas XI MIPA 2 MA Negeri 1 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes (angket dan lembar observasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektivan e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan e-modul yang dikembangkan: (1) Skor 4,3 dengan kategori sangat valid, (2) Skor kepraktisan 4,5 dengan kategori sangat praktis, dan (3) Efektif berdasarkan nilai N- Gain kemampuan berpikir kritis dengan nilai 0,79. Hasil analisis menunjukkan e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia pada materi laju reaksi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI