DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN (STUDI PADA SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTAT TAHUN 2022)
PENGARANG:ZERLINDA TIARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


Zerlinda Tiara, (2024) Pengaruh Tax Avoidance dan Biaya Coporate Social Responsibility Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Tahunan (Studi Pada Sektor Properti dan Real Estat Tahun 2022). Pembimbing: Ibu Pusvita Indria Mei Susilowati, SE, M.SA, Ak, CA, CPFR, CPFRA

Ketepatan waktu adalah kondisi dimana informasi yang disajikan dapat memberikan pengaruh pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel independen yakni tax avoidance dan biaya CSR terhadap variabel dependen ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan tahunan pada perusahaan sektor properti dan real estat tahun 2022.

Dalam teori agensi masalah terjadi karena adanya asimetris informasi anata pihak prinsipal dan agen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diuji dalam penelitian ini berjumlah 55 sampel. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor properti dan real estat di website Bursa Efek Indonesia atau website resmi perusahaan. Data terkait tax avoidance diukur dengan GAAP ETR dan biaya CSR diukur dengan indeks BCSR. Pengujian menggunakan analisis regresi logistik dengan alat bantu aplikasi SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tax avoidance berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sedangkan variabel biaya CSR tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Kata kunci: Ketepatan Waktu, Tax Avoidance, Biaya Corporate Social Responsibility

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI