DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKTIVITAS JARING INSANG HANYUT (STUDI KASUS PADA KM CUIT KETAPI) DI DESA TANJUNG DEWA KECAMATAN PANYIPATAN KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DWI PRASETIYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


ABSTRAK

Dwi Prasetiyo Program Studi Perikanan Tangkap, Produktivitas Jaring Insang Hanyut (Studi Kasus Pada KM Cuit Ketapi) Di Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan di bawah bimbingan Bapak Prof. Ahmadi, S.Pi, M.Sc, Ph.D, Sebagai Ketua Pembimbing dan Ibu Siti Aminah, S.Pi., M.Si, sebagai anggota pembimbing.

Tanjung Dewa adalah salah satu desa di Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Indonesia. Di desa ini memiliki banyak tujuan wisata seperti wisata religi Pulau Datu, Pantai Tanjung Dewa, dan Bukit Timah. Selain itu desa Tanjung Dewa termasuk salah satu Desa yang memiliki sumberdaya perikanan yang ada di wilayah Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. Tujuan penelitian untuk menganalisis konstruksi jaring insang hanyut, menganalisis struktur ukuran hasil tangkapan jaring insang hanyut, menganalisis komposisi dan proporsi hasil tangkapan jaring insang hanyut, menganalisis produksi dan produktivitas jaring insang hanyut di perairan laut Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan Kabupaten Laut. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2023 -  Juni 2024 dimulai dari penyusunan usulan penelitian, konsultasi, ujian komprehensif, pengumpulan data, penulisan laporan hingga distribusi laporan.. Hasil Penelitian menunjukan konstruksi jaring insang hanyut yang di operasikan di daerah perairan pesisir yaitu badan jaring, tali ris atas, tali ris bawah, tali selembar, pelampung, pemberat, dan pelampung tanda. Jenis hasil tangkapan yang tertangkap yaitu ikan selongsongan (cynoscion arenarius), ikan gulamah (johnius trachycephalus), ikan selangat (anodontostoma chacunda), ikan menangin (eleutheronema tetradacytlum), ikan malong (muraenesok cinereus), ikan layur (trichiurus lepturus), dan ikan belanak (crenimugil seheli).

Kata Kunci : Jaring, Produktivitas, Komposisi dan Proporsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI