DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Korelasi Antara Layanan Perencanaan Karier dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas 9 di SMPN 3 Banjarbaru
PENGARANG:WENNIE ROSALINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


Wennie Rosalinda. 2024. Korelasi Antara Layanan Perencanaan Karier dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas 9 di SMPN 3 Banjarbaru. Pembimbing: (I) M. Andri Setiawan, M.Pd, (II) Faisal Rachman, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Layanan Perencanaan Karier, Perilaku Prokrastinasi Akademik

 

Karakteristik generasi Z diantaranya adalah egosentris dan menyukai kebebasan, hal ini menjadi faktor dalam perencanaan karier individu. Perencanaan karier yang kurang baik dapat mempengaruhi perilaku negatif siswa di sekolah salah satunya perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini  mendeskripsikan dan menganalisis korelasi layanan perencanaan karier dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas 9 di SMPN 3 Banjarbaru.

 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert dengan jumlah sampel 143 siswa kelas 9 di SMPN 3 Banjarbaru tahun ajaran 2023/2024.

Hasil analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan koefisien korelasi layanan perencanaan karier dengan perilaku prokrastinasi akademik sebesar, -0.553, maka termasuk dalam kategori korelasi sedang dengan bentuk hubungan negatif, artinya semakin tinggi pemahaman layanan perencanaan karier maka semakin rendah perilaku prokrastinasi akademik siswa. oleh karena itu dapat disimpulkan layanan perencanaan karier dan perilaku prokrastinasi akademik dalam kategori sedang serta terdapat korelasi antara layanan perencanaan karier dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas 9 di SMPN 3 Banjarbaru. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan dengan mengaitkan variabel stres akademik, variabel kecanduan gawai, dan variabel lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI