DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
PENGARANG:FITRIA WAHDINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


Evaluasi kinerja guru adalah sebuah proses dalam menilai, dan mengukur kinerja guru berdasarkan dengan tujuan, sasaran dan standar yang telah diharapkan. Penerapan kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan karakter, keterampilan abad 21 yang mencakup keterampilan digital, kreativitas, kritis, dan kolaborasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja guru informatika dalam pelaksanaan kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi, dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deksriptif yang telah diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan bahwa data ini valid, peneliti menggunakan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan dan persiapan pembelajaran sudah baik, namun dalam pelaksanaan pembelajaran masih belum optimal, karena guru memiliki kendala dalam mengajar seperti kurangnya pemahaman materi, keterampilan teknologi yang masih terbatas dan hasil dari evaluasi belajar siswa dapat diketahui belum terjadi peningkatan. Saran penelitian ini adalah guru dan pihak sekolah aperlunya perencanaan untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan khusus guru informatika.

Kata kunci: Evaluasi Kinerja Guru, Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI