DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MTs TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN MENGGUNAKAN MODEL CTL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA
PENGARANG:FAHZUR AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-15


ABSTRAK

 

Fahzur Akbar, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi MTs Terintegrasi Nilai Keislaman Menggunakan Model CTL Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supramono, M.Pd. dan (II) Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd.

 

Kata Kunci : Model CTL, Integrasi Nilai Keislaman, Keterampilan Berkomunikasi

 

Model CTL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata, sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Pembelajaran yang terintegrasi dilakukan dengan pengenalan nilai-nilai keislaman, memfasilitasi diperolehnya kesadaran akan pentingnya nilai-nilai keislaman, dan penginternalisasian nilai-nilai keislaman ke dalam tingkah laku peserta didik sehari-hari melalui proses pembelajaran, baik yang berlangsung di dalam maupun di luar kelas pada semua mata pelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan berkomunikasi siswa sesuai dengan rincian kemampuan berkomunikasi siswa yang terdiri dari (1) kemampuan bekerjasama dalam kelompok, (2) kemampuan  berkomunikasi secara lisan (menyampaikan ide/gagasan/komentar), (3) kemampuan  mengajukan pertanyaan, (4) kemampuan  menjawab pertanyaan (memberikan penjelasan) dan (5) kemampuan menghargai ide, saran, dan pendapat teman.

Peneliti telah berhasil mengembangkan prototype perangkat pembelajaran dengan hasil validasi perangkat pembelajaran yang sangat valid sebesar 87,6%. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran dengan hasil keterbacaan bahan ajar sebesar 83%, keterbacaan LKS 91,8% keterlaksanaan RPP dengan skor 3,6 dan respon guru dan siswa yang sangat baik. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran dengan skor hasil pencapaian keterampilan berkomunikasi siswa sebesar 3,6 termasuk dalam kategori sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI