DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DESA PENYOMBAAN KECAMATAN ARUT UTARA KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
PENGARANG:ENY PEBRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-25


 

ABSTRAK

Eny Pebrianti, 2120419320027. 2023. Tesis. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Pada Kantpr Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat. Dibawah Bimbingan Drs Setia Budhi, M.Si., P.hD.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat serta menganalisis faktor-faktor penghambat Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat.

Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan informan penelitian. Teknik Pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat dinilai cukup baik meskipun ada beberapa kekurangan yang harus menjadi perhatian pemerintah desa setempat. Hal ini dapat diukur dengan teori menurut Zeithaml Parasurman-Berry (1990), dalam Pasolong (2017: 155) yaitu: Tanggibles (berwujud), Reliability (kehandalan), Responssiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan),  Empathy (empati). Serta faktor penghambat Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat beberapa permasalahan yang nampak terlihat yaitu : Kurangnya Kelengkapan Berkas, Terbatasnya Jam Pelayanan dan Petugas yang Jarang Di Tempat.

Kesimpulannya adalah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik di Kantor Desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat pada umumnya sudah berjalan cukup baik. Walaupun demikian aspek-aspek yang menujukkan kepercyaan cukup tinggi, hal ini disebabkan pelayanan public pada kantor desa dapat dil-akukan secara non formal dan pelayanan juga dapat dilakukan diluar jam kerja. Prinsip pelayanan pubik telah dilaksanakan dengan baik dan diengaruhi faktor sosial budaya masyarakat desa, temuan penelitian ini menjadi sangat penting terutama jika melihat aspek administrasi pelayanan secara terbuka.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Desa Penyombaan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI