DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH FAKTOR MODAL, TENAGA KERJA, JAM KERJA DAN LAMA USAHA TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KELURAHAN ALALAK UTARA KOTA BANJARMASIN SELAMA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:ACHMAD DWI NUGROHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-26


Achmad Dwi Nugroho (2023) Pengaruh Faktor Modal, Tenaga Kerja, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Umkm Di Kelurahan Alalak Utara Kota Banjarmasin Selama Pandemi Covid-19.

Pembimbing: Syahrituah Siregar, S.E., MA

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui variabel modal, tenaga kerja, jam kerja, dan lama usaha berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap pendapatan UMKM di Kelurahan Alalak Utara Kota Banjarmasin selama masa pandemi Covid-19. 2. Untuk mengidentifikasi faktor yang dominan mempengaruhi pendapatan UMKM di Kelurahan Alalak Utara Kota Banjarmasin selama pandemi Covid-19.

Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan modal (X1), tenaga kerja (X2), jam kerja (X3), dan lamausaha (X4) terhadap pendapatan UMKM selama pandemi covid-19 (Y).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan, modal, tenaga kerja, jam kerja, dan lama usaha memiliki pengaruh positif terhadap pendapatan UMKM selama pandemi Covid-19 di Kelurahan Alalak Utara Kota Banjarmasin. Temuan ini didukung oleh nilai F-hitung yang signifikan, melebihi nilai kritis Ftabel pada taraf signifikan 5%. Secara parsial, modal memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM, sementara tenaga kerja dan jam kerja tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Sebaliknya, lama usaha memiliki pengaruh yang signifikan, mendukung ide bahwa pengalaman usaha dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.  2. Diketahui bahwa modal usaha merupakan variabel yang paling dominan berkontribusinya terhadap pendapatan UMKM di Kelurahan Alalak Utara Kota Banjarmasin selama pandemi Covid-19. Modal yang lebih besar dimiliki oleh pemilik UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk atau layanan, sehingga cenderung memberikan pendapatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, strategi pengelolaan modal menjadi kunci dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di tengah dampak pandemi. Hasil ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman dinamika UMKM di tengah situasi krisis, serta memberikan dasar bagi kebijakan dan strategi pengembangan UMKM di masa mendatang.

Kata Kunci: Modal, Tenaga Kerja, Jam Kerja, LamaUsaha danPendapatan UMKM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI