DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2011-2022
PENGARANG:BAROYA AZWIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-26


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh indeks pembangunan manusia, jumlah Penduduk dan tingkat pengangguran terhadap kemiskinan di Kota Banjarmasin, serta menentukan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap kemiskinan di Kota Banjarmasin. Metode yang ada dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan model regeresi linear berganda dan pengolahan data menggunakan program EViews 12. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data sekunder time series selama 12 tahun dari tahun 2011-2022.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel indeks pembangunan manusia, jumlah penduduk dan tingkat pengangguran memiliki pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap kemiskinan di Kota Banjarmasin tahun dari tahun 2011 hingga 2022. Penelitian ini mampu menjelaskan 80% dari variabel dependen dan 20% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Variabel yang paling dominan adalah variabel indeks pembangunan manusia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI