DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Produktivitas Jaring Insang Tetap (Set Gill Net) Yang Dioperasikan Di Perairan Rawa Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ABDUL TIAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-26


ABSTRAK

Abdul Tiar Program Studi Perikanan Tangkap, Produktivitas Jaring Insang Tetap (Set Gill Net) Yang Dioperasikan Di Perairan Rawa Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan dibawah bimbingan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si. sebagai ketua pembimbing dan Siti Aminah, S.Pi, M.Si.

Rengge atau jaring insang (Set Gill Net) adalah jaring yang berbentuk empat persegi panjang, mempunyai mata jaring yang sama ukurannya pada seluruh badan jaring, lebar lebih pendek jika dibandingkan dengan panjangnya. Istilah Jaring insang tetap didasarkan pada pemikiran bahwa ikan-ikan yang tertangkap terjerat di sekitar operculum pada mata jaring. Metode yang digunakan studi kasus (Case Study), Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaring insang tetap yang dioperasikan diperairan rawa desa Sungai Batang terdiri dari Badan jaring terbuat dari nylon jenis polyamide monofilament (PA), mesh size 3,9 cm. Panjang 18,5 m dan tinggi 1 m, Tali ris atas dengan Panjang 20 meter dan berdiameter 0,1 cm, Pemberat terbuat dari besi berbentuk bulat dengan diameter 4,6 cm,berat 2 gram dan tiang yang digunakan terbuat dari bambu dan mempunyai panjang 2 m. Komposisi dan proporsi hasil tangkapan jaring insang tetap Papuyu (Anabas testudineus) 27,42%, Lundu (Macrones gulio) 1,31%, Hampala (Hampala macrolepidota) 1,22%, Sepat Siam (Trichogaster pectoralis) 2,44%, Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus) 52,49%, Lais (Kryptopterus bicirrhis) 0,97%, Puyau (Osteochilus vittatus) 12,18%, ), Kapar (Belontia hasselti) 1,92% Ukuran hasil tangkapan ikan yang dominan tertangkap adalah sepat rawa sebanyak 145 ekor, ukuran yang tetangkap 7-11 cm dan berat hasil tangkapan yang didapatkan adalah 1.715 gram. Ikan papuyu yang tertangkap berjumlah 50 ekor, ukuran yang tertangkap mulai dari 8-12 cm dan berat hasil tangkapan yang didapatkan adalah 896 gram. Ikan puyau yang tertangkap mempunyai 18 ekor, ukuran yang tertangkap mulai dari 7-11 cm dan berat hasil tangkapan yang didapatkan adalah 398 gram. Produktivitas jaring insang tetap (set gill net) di Desa Sungai Batang selama 7 hari adalah 42,51.

Kata kunci : Produktivitas, Komposisi, Proporsi, Sungai Batang, Kalimantan Selatan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI