DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Media Komunikasi Dalam Menyampaikan Kebijakan Tentang Pengelolaan Sungai Di Masyarakat (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataang Ruang Bidang Sungai Pemerintah Kota Banjarmasin)
PENGARANG:MUHAMMAD RAYAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-18


Muhammad Rayan, D1C113225, 2018. Media Komunikasi dalam Menyampaikan Kebijakan Tentang Pengelolaan Sungai di Masyarakat (Studi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bidang Sungai Pemerintah Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Bachrudin Ali Akhmad dan Muhammad Alif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apa saja media media komunikasi dalam menyampaikan kebijakan tentang pengelolaan sungai di masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang khususnya di Bidang Sungai Pemerintah kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang sebagai informan kunci dan 3 (tiga) orang sebagai informan pendukung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan riset kepustakaan.

Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa media komunikasi yang digunakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang adalah media cetak berupa baliho dan koran, media elektronik berupa televisi serta media sosial berupa instagram, komunitas peduli sungai dan sosialisasi. Media komunikasi yang di anggap cukup efektif yaitu media sosial berupa Instagram dan komunitas peduli sungai. Akan tetapi sampai saat ini, masih terdapat kendala yang harus diselesaikan oleh pemerintah yaitu kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan sungai, sehingga proses penyampaian kebijakan harus terus dilaksanakan.

 

Kata kunci : Media komunikasi, Kebijakan Pemerintah, Pengelolaan Sungai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI