DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG JALAN KINIBALU-JALAN MULAWARMAN-JALAN SKIP LAMA-JALAN BATU PIRING BANJARMASIN
PENGARANG:ALFIN AKHSANI TAQWIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-27


ABSTRAK

Banyak masyarakat yang melakukan pergerakan dengan alat penunjang mobilitas dengan berbagai macam tujuan dan keperluan dalam kehidupan sehari- hari, tak heran beberapa waktu dirasacepat dan terkadang lambat mengikuti kesesuaian dengan jumlah kendaraan, hal demikian bisa terjadi akibat dari adanya lampu lalu lintas pada persimpangan yangbertujuan sebagai penyedia perpindahan atau perubahan arah perjalanan kendaraan bermotor, seperti pergerakan serta jumlah pada kendaraan pada simpang empat bersinyal Jalan Kinibalu – Jalan Mulawarman – Jalan Skip Lama - Jalan Batu Piring. Untuk menganalisa kinerja simpang digunakan metode observasi langsung dilapangan pada hari Rabu 6 Maret 2024 selama 24 jam pada pukul 06.00-06.00 Wita. Kemudian melakukan analisis data menggunakan pedoman standar Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023).Dari hasil analisis dan perhitungan, didapatkan arus pada jam puncak terjadi pada pukul 07.00-08.00. Didapatkan hasil kondisi eksisting simpang dengan Derajat Kejenuhan (DJ) = 0,97 Tundaan Simpang (D) = 40,22 ,dengan tingkat pelayanan E yang artinya arus tidak stabil. Kemudian dilakukan perbaikan sehingga alternatif solusi yang digunakan untuk permasalahan tersebut yaitu pengalihan arus lalu lintas dan perubahan fase yang mana dilihat dari segi tundaan rata-rata simpang sebesar 21,71 detik/smp, derajat kejenuhan sebesar 0,67 dan waktu siklus 84 detik dengan indeks tingkat pelayanan C sehingga memenuhi standar simpang bersinyal.

Kata Kunci : Indeks Tingkat Pelayanan, Simpang Bersinyal, Jalan.

 

 

ABSTRACT

Many people move around using mobility support devices for various purposes and needs in their daily lives. It is not surprising that at times it feels fast and sometimes slow in keeping with the number of vehicles, this can happen as a result of the presence of traffic lights at intersections that aim to as a provider of movement or changes in the direction of travel of motorized vehicles, such as the movement and number of vehicles at the signalized intersection of Jalan Kinibalu - Jalan Mulawarman - Jalan Skip Lama - Jalan Batu Piring. To analyze the performance of the intersection, the direct observation method in the field was used on Wednesday 6 March 2024 for 24 hours at 06.00-06.00 WITA. Then, data analysis was carried out using standard Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI 2023). From the results of analysis and calculations, it was found that peak flow occurred at 07.00-08.00. The results obtained for the existing condition of the intersection with Degree of Saturation = 0.97 Intersection Delay = 40.22, with service level E which means the flow is unstable. Then improvements were made so that the alternative solution used for this problem was traffic flow diversion and phase changes, which in terms of average delay at intersections was 21.71 seconds/pcu, degree of saturation was 0.67 and cycle time was 84 seconds with an index service level C so that it meets signalized intersection standards.

Keywords: Service Level Index, Signalized Intersection, Street.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI