DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UJI POTENSI AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL Acacia mangium DAN Acacia auriculiformis ASAL BATOLA DAN BANJARBARU SERTA ANALISA KEMOMETRIKA PADA NILAI SP
PENGARANG:DINDA PUTERI HIKMATUS SAJIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-27


UJI POTENSI AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL Acacia mangium DAN Acacia auriculiformis ASAL BATOLA DAN BANJARBARU SERTA ANALISA KEMOMETRIKA PADA NILAI SPF (Oleh Dinda Puteri Hikmatus Sajidah; Pembimbing Normaidah, Liling Triyasmono; 2024; 66 halaman)

Indonesia memiliki iklim tropis dengan sinar matahari yang dapat merusak kulit, sehingga penggunaan tabir surya sangat penting. Tumbuhan yang memiliki potensi aktivitas tabir surya adalah Akasia. Akasia memiliki spesies dan tempat tumbuh yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah menetapkan kandungan golongan senyawa metabolit sekunder, aktivitas tabir surya, serta pengaruh spesies dan tempat tumbuh Acacia mangium dan Acacia auriculiformis dari Banjarbaru dan Barito Kuala. Metode yang digunakan adalah skrining fitokimia uji tabung untuk metabolit sekuder, analisisa menggunakan spektrofotometri UV-Vis dan kemometrika dengan priciple component analysis. Hasil penelitian ini pada semua sampel diketahui mengandung senyawa metabolit sekunder flavonoid, steroid, tanin, fenol, dan saponin. Semua sampel memiliki kategori ultra pada konsentrasi 800 ppm dengan nilai SPF A. mangium Batola 18,21; A. mangium Banjarbaru 19,46; A. auriculiformis Batola 16,44; dan A. auriculiformis Banjarbaru 17,48. Semua sampel memiliki kategori ultra pada konsentasi 600 ppm dengan nilai %Transmisi eritema A. mangium Batola 4,26; A. mangium Banjarbaru 2,86; A. auriculifromis Batola 4,91; dan A. auriculiformis Banjarbaru 4,65. Nilai %transmisi pigmentasi sampel A. mangium baik Batola dan Banjarbaru pada konsentrasi 200 ppm sudah menunjukkan kategori sunblock dengan nilai 36,41 dan 37,52. Sampel A. auriculiformis baik Batola dan Banjarbaru terjadi pada konsentrasi 400 ppm dengan nilai 22,73 dan 18,00. Nilai SPF tertinggi terdapat pada A. mangium Banjarbaru (19,46). Nilai %Te terendah terdapat pada A. mangium Banjarbaru (1,09). Nilai %Tp terendah terdapat pada A. mangium Batola (1,59). Spesies dan tempat tumbuh memiliki pengaruh terhadap nilai SPF dengan hasil score plot terbaik pada konsentrasi 200 ppm.

Kata kunci: Tabir Surya, Acacia mangium, Acacia auriculiformis, dan Kemometrika metode PCA 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI