DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Pondasi Batu Kali Pada Proyek Pembangunan Perumahan Berlantai Satu
PENGARANG:MAULIDITA SALSA SABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-27


            Produktivitas merupakan salah satu faktor mendasar yang mendasar yang mempengaruhi kinerja kemampuan bersaing pada industry konstruksi terhadap besarnya keuntungan atau kerugian suatu proyek. Pembangunan perumahan berlantai satu ini adalah proyek konstruksi yang melibatkan sejumlah pekerjaan, termasuk pekerjaan pondasi. Pekerjaan pondasi menjadi kendala di proyek pembangunan perumahan berlantai satu yaitu dalam pengerjaannya yang sering kali tidak sesuai dengan waktu rencana dan adanya perbedaan waktu dan hasil produksinya dalam meyelesaikan pekerjaan pondasi antara proyek perumahan tipe 36, 42 dan 45. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pondasi batu kali dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi  produktivitas pada pekerjaan pondasi batu kali pada perumahan  berlantai satu.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan Teknik wawancara dan pengisisan kuesioner dengan jumlah responden 11 orang. Nilai produktivitas rata-rata kelompok dan perorangan yang diperoleh adalah: kelompok proyek 1 sebesar 0,791 m3/jam ; kelompok proyek 2 sebesar 0,447 m3/jam ; kelompok proyek 3 sebesar 0,604 m3/jam; perorangan proyek 1 sebesar 0,197 m3/jam ; perorangan proyek 2 sebesar 0,225 m3/jam ; perorangan proyek 3 sebesar 0,301 m3/jam.

Faktor yang paling mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pondasi batu kali pada proyek pembangunan perumahan berlantai satu berdasarkan hasil pengisian kuesioner adalah keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek 1 memiliki nilai rata-rata produktivitas kelompok paling tinggi dan proyek 3 memiliki nilai rata-rata produktivitas perorangan paling tinggi. Sedangkan dengan perhitungan LUR menyatakan bahwa proyek 1 lebih produktif.

 

Kata Kunci: Faktor Pengaruh, LUR, Pondasi Batu Kali, Produktivitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI