DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NORMALISASI PERNIKAHAN ANAK: KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT DESA KARANG REJO KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ANISA FINDIA FALAHUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-27


Anisa Findia Falahudin. 2024. Normalisasi Pernikahan Anak : Konstruksi Sosial Masyarakat Desa Karang Rejo Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. (Dibimbing oleh Varinia Pura Damaiyanti).

Pernikahan anak adalah fenomena biasa di lingkungan masyarakat, terlebih pada lingkungan masyarakat pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi sosial yang terbentuk di masyarakat dalam menormalisasikan pernikahan anak. Penelitian dilaksanakan di Desa Karang Rejo Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Jenis penelitian ini peneliti mempergunakan pendekatan penelitian Kualitatif berjenis Fenomenologi. Metode pengumpulan data mempergunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data mempergunakan metode dari Miles dan Huberman yaitu tahap Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Menyimpulkan.

Perolehan hasil temuan lapangan yang telah dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa adanya proses Konstruksi sosial masyarakat terhadap normalisasi pernikahan anak yang terjadi karena adanya tiga proses yaitu, eksternalisasi dimana proses ini merupakan proses pengenalan identitas selaku orang yang menikah di usia anak dalam masyarakat, dan selanjutnya proses objektifikasi yaitu masyarakat mulai memiliki pendapat tentang pernikahan anak, dan yang terakhir adalah proses internalisasi pada proses ini pasangan pernikahan anak memposisikan dirinya di dalam masyarakat yang telah memiliki pendapat positif atau pun negatif terhadap dirinya. Terdapat sebuah fakta bahwa masyarakat menormalisasi pernikahan anak dikarenakan oleh faktor budaya baru, budaya lama, dan kondisi. Juga ditambah dengan pikiran pernikahan anak sebagai solusi untuk mencegah situasi yang tidak di inginkan di Masyarakat. Fenomena yang terjadi ini diharapkan agar masyarakat mulai berfikir lebih bijak dan jangka panjang mengenai dampak buruk yang akan terjadi jika hal ini terus dilakukan.

 

Kata Kunci: Pernikahan Anak, Normalisasi Masyarakat, Konstruksi Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI