DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII SMP NEGERI 21 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MAIMUNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-18


KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII SMP NEGERI 21 BANJARMASIN (Oleh Siti Maimunah, Pembimbing: Noor Fajriah, Sumartono; 2019; halaman 74)

 

ABSTRAK

 

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam kehidupan terutama pada era globalisasi saat ini, dimana berbagai informasi yang didapat menuntut kita untuk dapat membedakan suatu informasi benar atau salah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin yang mengikuti pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang mengikuti pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Dengan teknik purposive sampling didapatlah sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal berbentuk uraian. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kategori cukup, (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII yang mengikuti pembelajaran langsung berada pada kategori kurang,  dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang mengikuti pembelajaran langsung.

 

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), kemampuan berpikir kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI