DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Uji Keluruhan Batu Ginjal In Vitro dengan Metode Spektroskopi Serapan Atom (SSA) Ekstrak Etanol Daun Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus Hook&Arn.)
PENGARANG:BAYU WIRATAMA KUSUMA DYWANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-28


ABSTRAK

UJI KELURUHAN BATU GINJAL IN VITRO DENGAN METODE SPEKTROSKPI SERAPAN ATOM (SSA) EKSTRAK DAUN AIR MATA PENGANTIN (Antigonon leptopus HOOK & ARN.) (Oleh Bayu Wiratama Kusuma Dywana; Pembimbing: Liling Triyasmono, Satrio Wibowo Rahmatullah; 2024; 40 halaman)

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat pengendapan dari kalsium. Tanaman air mata pengantin memiliki kandungan flavonoid yang diduga dapat meluruhkan kalsium pada batu ginjal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah kadar kalsium yang luruh dalam ekstrak etanol A. leptopus menggunakan spektrofotometri serapan atom. Metode penelitian dilakukan analisis kualitatif batu ginjal dengan menggunakan FT-IR lalu dilakukan uji daya luruh batu ginjal dengan spektrofotometri serapan atom. Hasil pengukuran rata-rata konsentrasi kalsium yang luruh dalam ekstrak etanol pada konsentrasi 0,125%, 0,25%, dan 0,5% adalah 44.730, 46.194, dan 54.043. Analisis data menggunakan spss didapat nilai signifikasi <0,05 jika membandingkan konsentrasi 0,5% dengan konsentrasi 0,125% dan 0,25%, maka hasil terdapat perbedaan bermakna.

 

Kata Kunci: A. leptopus, air mata pengantin, keluruhan batu ginjal, spektroskopi serapan atom, spketrofotometer FT-IR 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI