DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN TAPIN)
PENGARANG:NAJMI AZ ZAHRA BALELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-18


ABSTRAKSI

Najmi Az-zahra Balela, (2018). Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah, dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten Tapin). Pembimbing: Dr. Kadir, Drs, M.Si, Ak, CA.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Tapin).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Tapin. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 33 Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terdiri dari sekretariat, dinas, lembaga teknis daerah dan kecamatan. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei yaitu menyebarkan kuisioner yang penyebaran kuisionernya sebanyak 99 buah. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) melalui program SPSS versi 23.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sementara pemahaman standar akuntansi pemerintahan dan sistem pengendalian internal tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

 

 

 

Kata kunci: pemahaman standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah, sistem pengendalian internal dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI