DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Asal Timbai: Tindakan Sosial Masyarakat Membuang Sampah di Sungai
PENGARANG:FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-07-01


Fitriani. 2024. Asal Timbai: Tindakan Sosial Masyarakat Membuang Sampah di Sungai. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, S.S. M. A.

Aktifitas masyarakat yang berada di pinggiran sungai tidak mungkin luput dari interaksi dengan sungai, masyarakatnya hidup berdampingan dengan sungai namun yang menjadikan masalah adalah masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Penelitian ini membahas tentang tindakan sosial masyarakat yang membuang sampah di Sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa tindakan membuang sampah ke sungai dilakukan masyarakat Jelapat I ke Sungai. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Desa Jelapat I Kecamatan Tamban Barito Kuala. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneltian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. 

Permasalahan yang terjadi di Desa Jelapat I adalah membuang sampah di sungai. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan yang mempengaruhi masyarakat membuang sampah di sungai (1) karena kebiasaan masyarakat (2) praktis 3) tidak adanya sarana pembuangan sampah. Tindakan tradisional, tindakan ini peneliti temukan pada masyarakat yang mempunyai kebiasaan membuang sampah di sungai. Tindakan rasional instrumental, masyarakat yang memilih membuang sampah ke sungai, dengan alasan karena tidak tersedianya sarana pembuangan sampah. Selanjutnya, tindakan afektif yaitu masyarakat tahu tindakan membuang sampah ke sungai salah tapi masih saja dilakukan. Dalam penelitian ini tidak ditemukan tindakan rasional nilai, karena terjadinya pergesernya nilai sungai di masyarakat menyebabkan masyarakat Desa Jelapat I masih membuang sampah di Sungai Barito.

 

Kata kunci: Masyarakat Bantaran Sungai, Sampah, Sungai Barito 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI