DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Penghindaran Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada Wilayah Kerja KPP Pratama Banjarbaru)
PENGARANG:Rini Nur Akmalia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-18


ABSTRAKSI

Rini Nur Akmalia (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Penghindaran Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Wilayah Kerja KPP Pratama Banjarbaru). Pembimbing: H. Kasyful Anwar, SE, M.Si, Ak, CA

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, pemahaman peraturan perpajakan, penghindaran pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesadaran wajib pajak, pemahaman peraturan perpajakan, penghindaran pajak, dan sanksi pajak. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

 Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru. Sampel yang terdapat pada penelitian ini dengan minimum 50 responden yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Teknik kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, pemahaman peraturan perpajakan, dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuahan wajib pajak orang pribadi pada wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru. Sedangkan penghindaran pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru.

Kata kunci: Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Penghindaran Pajak, Sanksi Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

 

 

 

Kata kunci: pemahaman standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah, sistem pengendalian internal dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI