DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pemasaran Bunga Kenanga di Desa Labuan Tabu Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan
PENGARANG:DEVI KHAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-18


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran dan besarnya biaya, volume bunga kenanga yang dipasarkan, marjin serta keuntungan, mengetahui share petani, share lembaga, dan mengetahui hambatan pemasaran bunga kenanga di Desa Labuan Tabu. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Mei 2017 sampai dengan Mei 2018 di Kecamatan Martapura. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Berdasarkan hasil penelitian pemasaran bunga kenanga di Desa Labuan Tabu memiliki tiga pola yaitu pertama dari petani ke konsumen akhir; kedua dari petani ke pedagang pengecer ke konsumen akhir; ketiga dari petani ke pedagang perangkai ke konsumen akhir. Sistem pemasaran yang terdiri dari biaya pemasaran yang tertinggi diantara tiga saluran adalah biaya pada saluran III yaitu sebesar Rp 6.181/kg dan biaya terkecil ada pada saluran II yaitu sebesar Rp 1.261/kg. Margin terbesar pada saluran II yaitu sebesar Rp 18.947/kg. Sedangkan marjin terkecil terdapat pada saluran III Rp 10.000/kg. Keuntungan terbesar berada pada saluran II yaitu sebesar Rp 12.766/kg, sedangkan keuntungan terkecil berada pada saluran I yaitu Rp 7.716/kg. Share petani tertinggi terdapat pada saluran I yaitu sebesar 100% dan share petani terendah pada saluran II yaitu sebesar 55%.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI