DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:MUHAMMAD RIFQI CAHYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-19


Hasil belajar merupakan hal yang penting untuk menghadapi era yang semakin berat. Tetapi kenyataannya hasil belajar di Indonesia masih rendah seperti pada bidang studi matematika. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran karena guru hanya menggunakan model pembelajaran yang sama dalam setiap kegiatan belajar mengajar, dan perlu adanya pemecahan masalah untuk membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 3 Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling serta dilakukan uji pendahuluan dan uji beda. Sehingga terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif, NHT, model pembelajaran langsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI