DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA KELAS X SMAN JORONG
PENGARANG:DWI RAHMANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-19


ABSTRAK

Dwi Rahmanto. 2018. Pola Interaksi Guru dan Siswa Kelas X SMAN 1 Jorong. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Jumadi, M.Pd. (II) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M.Pd

 

Kata kunci: interaksi guru dan siswa, pola interupsi, pola pasangan berdekatan,  

                     pola preferensi

 

Dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah berlangsung interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar yang merupakan kegiatan paling pokok. Proses belajar-mengajar merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar. Dalam penggunaan bahasa interaksi secara umum bahasa lisan lebih sering dilakukan dari pada bahasa tulis dalam komunikasi. Demikian pula yang terjadi pada interaksi kelas antara guru dan siswanya. Umumnya guru melaksanakan proses pembelajaran secara lisan. Guru menyampaikan pesan dalam pembelajaran kepada siswa melalui bahasa. Hal tersebut terkait dengan salah satu fungsi bahasa, yaitu sebagai alat komonikasi. Oleh karena itu, bahasa berperan penting dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1), pola interupsi (2), pola pasangan berdekatan, dan (3), pola preferensi dalam wacana interaksi guru dan siswa dalam kelas X di SMA Negeri 1 Jorong pada waktu proses belajar-mengajar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang dikumpulkan berupa tuturan-tuturan lisan yang terjadi saat interaksi belajar-mengajar. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.

Dari hasil analisis data dan kesimpulan penelitian, diperoleh temuan antara lain sebagai berikut: Pola interupsi dalam wacana guru dan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Jorong pada waktu proses belajar-mengajar. Pola interupsi guru kepada siswa dikarenakan volume suara siswa lemah dan untuk menghentikan keraguan atau mempertegas jawaban atas pertanyaan guru. Pola pasangan berdekatan terjadi dengan normal atau alamiah sesuai dengan proses stimulus-respon dan memenuhi struktur pasangan berdekatan yang menimbulkan kebiasaan dan keteraturan.Pola preferensi terlaksana dengan baik ini bisa dilihat dari adanya struktur tindakan yang disukai diharapkan ada pada tindakan berikutnya dan  tidak disukai diharapkan tidak ada pada tindakan berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI