DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LAMA WAKTU PEMASAKAN YANG BERBEDA TERHADAP MUTU PINDANG IKAN BANDENG (Chanos chanos Forsk) DURI LUNAK
PENGARANG:YUSFIRA DINIHARIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-07-03


Ikan bandeng merupakan suatu komoditas perikanan yang memiliki rasa cukup enak dan gurih sehingga banyak digemari masyarakat. Selain itu, harganya juga terjangkau oleh segala lapisan masyarakat. Ikan bandeng digolongkan sebagai ikan berprotein tinggi dan berkadar lemak rendah. Namun dibalik kelebihan tersebut, adapun kalangan masyarakat yang kurang menyukai mengonsumsi ikan bandeng dikarenakan banyaknya duri.Pengolahan bandeng duri lunak dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara tradisional dan modern. Secara modern, pengolahan bandeng duri lunak menggunakan panci autoclave untuk memasak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan presentasi lama pemasakan yang terbaik pada ikan bandeng duri lunak, serta pengaruh lama masak terhadap kualitas kimiawi dan organoleptik. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter uji pada penelitian ini yaitu uji organoleptik, kadar air, dan kadar protein. Perlakuan pada penelitian ini terdiri dari perlakuan O (direbus 30 menit), perlakuan A (dimasak 60 menit), perlakuan B (dimasak 90 menit), perlakuan C (dimasak 120 menit).

Hasil dari penelitian ini adalah lama waktu pemasakan berpengaruh pada kualitas pindang ikan bandeng duri lunak baik secara kimiawi (kadar air dan protein) dan organoleptik. Serta pindang ikan bandeng duri lunak yang paling disukai panelis yaitu pada perlakuan C (dimasak 120 menit).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI