DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 24 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:MUHAMMAD FAHRUL RASYID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-19


ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLSS (HOTS) BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 24 BANJARMASIN  TAHUN PELAJARAN 2018/2019. (Oleh: Muhammad Fahrul Rasyid; Pembimbing:        Drs. Hidayah Ansori, M.Si, Kamaliyah, S.Pd, M.Pd. 2019: 62 halaman).

 

 

ABSTRAK

 

 

Kurikulum 2013 revisi 2017 mulai dikembangkan soal tipe HOTS. HOTS adalah cara berpikir yang lebih tinggi dari menghafalkan fakta, menyatakan kembali, dan menggunakan rumus tanpa pengolahan. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal tipe HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada materi aritmetika sosial berdasarkan prosedur Newman dan apa penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kategori studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin dengan jumlah 169 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Newman menganalisis kesalahan dengan lima jenis kesalahan (membaca, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir). Hasil penelitian menunjukkan ada dua subjek penelitian melakukan kesalahan membaca, dua subjek penelitian melakukan kesalahan memahami, tiga subjek penelitian yang melakukan kesalahan transformasi, empat subjek penelitian yang melakukan kesalahan keterampilan proses, dan dua subjek penelitian yang melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir. Penyebab terjadinya kesalahan membaca adalah karena siswa salah dalam membaca nominal pada rupiah yang mengandung banyak angka nol, penyebab terjadinya kesalahan memahami adalah karena siswa tidak menggunkan semua informasi yang ada pada soal, penyebab terjadinya kesalahan transformasi adalah karena siswa tidak mengetahui rumus yang harus digunakan, penyebab terjadinya kesalahan keterampilan proses adalah karena siswa tidak bisa melakukan operasi hitung dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal, dan penyebab terjadinya kesalahan penulisan jawaban akhir adalah karena siswa kurang teliti dalam menuliskan jawaban yang diperoleh.

 

Kata kunci: analisis kesalahan, HOTS, prosedur Newman, aritmetika sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI