DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP BERITA HOAKS PADA MASA KAMPANYE PEMILU 2024 DI KELURAHAN TELAGA BIRU
PENGARANG:HELYA FADILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-07-03


Helya Fadila, Konstruksi Sosial Masyarakat Terhadap Berita Hoaks Pada Masa Kampanye Pemilu 2024 di Kelurahan Telaga Biru. (Dibimbing oleh Drs. H. Setia Budhi, M.Si.,Ph.D).

Fenomena berita hoaks merupakan permasalahan sosial yang sering terjadi di masyarakat, dan terjadi juga di Kelurahan Telaga Biru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konstruksi sosial masyarakat terhadap berita hoaks pada masa kampanye pemilu 2024 di Kelurahan Telaga Biru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi. Konstruksi sosial adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan penelitian yang dipilih menggunakan metode snowball sampling yang berjumlah sepuluh orang dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga proses yaitu proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian diketahui bahwa konstruksi sosial yang terbentuk pada masyarakat terhadap berita hoaks pada masa kampanye di Kelurahan Telaga Biru adalah pada awalnya masyarakat percaya dan sulit membedakan berita pada masa kampanye yang didapatkannya adalah berita fakta atau hoaks. Namun pada sekarang masyarakat sudah memahami dan bisa membedakan berita yang didapatkannya adalah berita fakta atau hoaks serta sudah terbiasa terhadap berita hoaks disekitar mereka. Selain itu menganggap bahwa persoalan berita pada masa kampanye pemilu 2024 akan banyak berita hoaks yang beredar dan pasti mengundang permasalahan. Dikarenakan beritanya berisikan berita bohong, berita yang mengarah ke penipuan, serta berita yang dibuat oleh oknum-oknum tertentu dengan tujuan untuk menyudutkan citra ke salah satu bacapres.

Kata Kunci: Konstruksi sosial, Berita Hoaks, Pemilu 2024.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI