DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MENURUT TEORI ANDERSON DAN KRATHWOHL PADA SISWA SMP KELAS IX BANJARMASIN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:Raiha Mariani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-19


KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MENURUT TEORI ANDERSON DAN KRATHWOHL PADA SISWA SMP KELAS IX BANJARMASIN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Oleh: Raiha Mariani; Pembimbing: Hidayah Ansori, Siti Mawaddah; 2018; 59 halaman)

ABSTRAK

 

Berpikir tingkat tinggi merupakan suatu cara berpikir tentang bagaimana mengaitkan informasi baru dengan informasi yang sudah tersimpan di dalam ingatan, kemudian menghubungkannya dan mengembangkan informasi tersebut untuk menemukan suatu penyelesaian dari suatu keadaan yang sulit dipecahkan. Menurut teori Anderson dan Krathwohl kemampuan berpikir tingkat tinggi dibagi menjadi tiga, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Ketiga kemampuan tersebut dinilai berdasarkan proses, bukan hanya sekedar menilai hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan teori Anderson dan Krathwohl pada siswa SMP kelas IX Banjarmasin Timur tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan  kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Banjarmasin Timur. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, sehingga diambil dua sekolah yaitu SMP Negeri 3 Banjarmasin dan SMP Negeri 7 Banjarmasin dengan  jumlah 418 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan  hasil  penelitian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMP Negeri Se-Kecamatan Banjarmasin Timur  pada materi perpangkatan dapat disimpukan bahwa nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi berada pada kategori cukup.

 

Kata kunci: kemampuanberpikir tingkat tinggi, teori Anderson dan Krathwohl 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI