DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PAIR CHECKS DI KELAS VII SMPN 16 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:Annisa Rizky Maulida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-19


MOTIVASIBELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PAIR CHECKS DI KELAS VII SMPN 16 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Oleh: Annisa Rizky Maulida; Pembimbing: Karim, Rizki Amalia;2019;119 halaman)

 

ABSTRAK

 

Pemahaman konsep matematis adalah aspek kunci dari pembelajaran dan merupakan landasan penting untuk berpikir dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematika maupun masalah kehidupan nyata. Namun pada kenyataannya, salah satu masalah pokok dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya pemahaman konsep matematis. Salah satu solusi untuk mengasah kemampuan pemahaman konsep matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Pair Checks. Keberhasilan pembelajaran juga dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa. Motivasi sebagai pendorong usaha dalam pencapaian prestasi belajar. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar matematika di SMPN 16 Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 16 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dengan jumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan soal uraian dan angket motivasi belajar. Data hasil penelitian kemudian dikumpulkan dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model Pair Checks berada pada kriteria baik, (2) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pair Checks berada pada kategori sangat tinggi, dan (3) antara motivasi belajar dengan kemampuan pemahaman konsep siswa tidak ada hubungan yang signifikan. 

Kata Kunci : motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI